SEKALI ACTION LANGSUNG EKSIS

https://www.zonadigipreneur.com/buku-sekali-acti…sis-awal-syaddad/

 

Kali ini saya akan mengulas sebuah buku yang baru saja saya baca, yaitu buku berjudul Sekali Action Langsung Eksis karya Awal Syaddad. Sekilas tentang penulisnya, Awal Syaddad merupakan seorang CEO dan Founder dari Kaaffah Learning Centre (institusi Bimbingan belajar berbasis Agama Islam). Buku ini dapat dikategorikan sebagai buku bisnis karena di dalamnya sang penulis menuturkan rahasia bagaimana dirinya memulai dari nol hingga mampu menjalankan bisnisnya tersebut.

 

Apa yang membuat saya memutuskan untuk membaca buku ini?

 

Hal pertama yang membuat saya tertarik terhadap buku Sekali Action Langsung Eksis yaitu janji yang ditulis pada cover belakang buku ini yaitu buku ini akan memaparkan bagaimana rahasia untuk mengelola kegalauan menjadi uang dan menjadikan bisnis sebagai ladang amal. Saya pikir ini merupakan hal yang menarik karena rahasia bisnis tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya atau kisah nyata. Saya percaya bahwa perjalanan meniti karir seseorang pasti tidak akan sama persis dengan orang lain dan ini bisa memperkaya wawasan pembaca. Kemudian kata-kata amal juga menarik saya karena menandakan bisnis ini sangat visioner.

 

 

Apa yang saya rasakan setelah membaca buku ini?

 

Setelah membaca buku Sekali Action Langsung Eksis, saya merasakan bagaimana besarnya spirit seorang Awal Syaddad untuk mengembangkan dirinya secara optimal dan membagikan rahasia suksesnya tersebut kepada orang lain agar dapat bahagia dunia – akhirat. Di buku ini, sang penulis kebetulan beragama Islam sehingga ritual ibadah yang dikerjakannya untuk memperkuat kecerdasan spiritualnya adalah ritual ibadah dalam agama Islam.

 

Di awal buku Sekali Action Langsung Eksis, penulis memaparkan bahwa bisnis merupakan solusi bagi dirinya yang ingin mandiri namun terjegal oleh kesempatan lapangan pekerjaan yang sempit. Lebih baik mulai berbisnis dibandingkan menunggu kebijakan pemerintah dalam memperbaiki dan menyediakan lapangan pekerjaan. Syukur-syukur, dengan bisnis tersebut kita bisa bermanfaat untuk orang lain.

 

Hal ini jujur mengingatkan saya di zaman kuliah, yaitu saat itu ketika mengobrol dengan teman saya kerap mengkritisi pemberitaan media tentang pemerintahan yang korup. Pemerintahan yang korup ini menyebabkan Indonesia menjadi negara miskin. Pada saat itu saya lupa, bahwa mungkin pemerintahan kita masih ada kekurangan tapi akan lebih baik jika saya juga belajar tentang bisnis karena hal tersebut merupakan langkah yang solutif ketimbang hanya menunggu perubahan dari pihak lain.

 

Kemudian buku Sekali Action Langsung Eksis juga memaparkan makna penting berbisnis lainnya yaitu untuk memanfaatkan waktu luang dan menjadi ladang amal bagi pelakunya seperti para sahabat Nabi Muhammad SAW. Hal ini tentu menarik bagi siapapun yang membaca, karena bisa membuka pemikiran pembaca bahwa meskipun sudah menjadi orang gajian yang cukup mapan, ada baiknya juga tetap mempertimbangkan untuk membuka bisnis.

 

Hal selanjutnya yang dipaparkan oleh penulis di dalam buku Sekali Action Langsung Eksis yaitu bagaimana perjalanannya dalam menata diri sehingga mampu menghadirkan filosofi bisnis yang memuat konsep kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Filosofi tersebut tergambar dari keyakinannya tentang kekuatan bisnis (power of business) dan model bisnis.

 

Menurut penulis, kekuatan bisnis ini terbagi menjadi kekuatan yang terlihat dan kekuatan yang tidak terlihat. Kekuatan yang terlihat yaitu sumber daya manusia, keuangan, operasional, dan pemasaran. Namun saya pribadi, setelah membaca buku ini hingga habis, saya merasa perlu menambahkan bahwa kekuatan terlihat lainnya yaitu  konsumen. Karena konsumen bukan saja memberikan cuan tapi juga bisa memberikan ide bisnis lainnya. Sedangkan kekuatan yang tidak terlihat yaitu visi dan attitude. Visi yang harus dimiliki yaitu niat yang lurus untuk membantu sesama dan attitude seperti senang belajar, percaya diri, tidak takut gagal, menikmati proses, rendah hati, ridho terhadap kesuksesan orang lain, ikhlas, gemar sedekah, puasa, shalat tahajud, dan shalat dhuha.

 

 

Selanjutnya penulis memaparkan secara detil bagaimana mengolah tentang aspek-apek yang terkandung di dalam kekuatan bisnis yang terlihat maupun yang tidak terlihat tersebut. Semua aspek saling berkesinambungan, misalnya bagaimana pentingnya mengelola sumber daya manusia untuk melayani konsumen dengan baik karena dari sana bisa diketahui kebutuhannya dan kesempatan memperoleh ide bisnis lainnya. Memberikan promosi seperti garansi, bonus, dan diskon juga perlu untuk menjaga loyalitas konsumen.

 

Berbicara tentang model bisnis, penulis memiliki tiga pilar dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Tiga pilar tersebut yaitu bisnis gratis, bisnis setengah berbayar, dan bisnis berbayar penuh. Dalam menerapkan hal ini, penulis melihat dari keadaan ekonomi yang dimiliki oleh konsumennya. Jika konsumennya memiliki tingkat kemapanan ekonomi yang lemah, maka tidak segan penulis menggratiskan karena dalam kasus ini penulis berharap ini dapat menjadi ladang amalnya.

 

Seperti buku-buku pengembangan diri lainnya, di buku Sekali Action Langsung Eksis ini pun saya mendapati kata mutiara favorit. Adapun kata mutiara favorit tersebut yaitu “Kita semua memiliki paket rezeki masing-masing. Jemputlah paket tersebut dengan memantaskan diri anda”. Ketika membaca hal ini, saya pribadi merasakan spirit optimisme yang besar dari kata-kata ini. Cocok bagi yang sedang membutuhkan bahan bakar untuk tetap fokus pada goal-nya.

 

Tanpa menghilangkan respek kepada penulis, saya pribadi merasa ada beberapa hal yang tidak dipaparkan oleh penulis tersebut. Hal tersebut yaitu bagaimana penulis memanfaatkan teknologi dalam menunjang bisnisnya dan bagaimana penulis pada akhirnya memilih franchisor yang akhirnya menjadi partner bisnisnya diantara franchisors lainnya dalam industri bisnis yang sama. Karena seperti kita ketahui, jika salah memilih sama halnya dengan berjudi.

 

Akhir kata, kita sampai pada bagian kesimpulan dari ulasan ini. Bagi saya, buku Sekali Action Langsung Eksis ini menarik karena dapat memberikan semangat bagi siapapun yang tengah terpuruk ataupun merasa kecil hati karena berasal dari kota kecil agar tetap memiliki semangat untuk maju. Dibuktikan bahwa penulis dengan segala keterbatasannya akhirnya dapat menjadi mandiri. Dan buku ini juga mengingatkan bahwa bisnis yang akan bertahan adalah bisnis yang tidak hanya mengandalkan teori, praktik, dan koneksi dengan relasi tapi juga harus dibarengi oleh semangat spiritual (koneksi dengan Allah SWT). Ini menurut saya, bagaimana menurut kamu? Yuk, silahkan dibaca bukunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *